Solusi Lumpur Lapindo: Kerugian Tol Porong-Gempol Akibat Lapindo Dibebankan ke Tarif

Harta Yang Hilang

Melihat dari besar kekauatan tekanan semburan Lumpur Lapindo bisa diketahui bagwa gas yang keluar kepermukaan bersama lumpur begitu besar jumlahnya.

4tahun Lumpur Lapindo berlalu tanpa solusi, 4tahun pula gas dengan jumlah ribuan ton telah hilang begitu saja. Hak anak cucu bangsa telah hilang percuma sementara secara tidak sadar hukum dinegeri ini pun diam. Hukum alam yang mencuat berwujud Lumpur Lapindo tidak mampu menyadarkan bahwa di negeri ini terjadi perampasan hak, bahwa di negeri ini hak kekayaan alam terabaikan.

Lumpur Lapindo adalah sebuah bencana alam yang diakibatkan tangan manusia. Lantas manusia manakah yang harus bertanggung jawab atas hilangya harta ini. Adalah sebuah pertanyaan juga bahwa apakah ini exploitasi gas atau exploitasi lumpur ?!. Dan mungkin banyak lagi pertanyaan yang bisa muncul.

Yang jelas bahwa kita telah kehilangan dan menghilngkan harta serta hanya meninggalkan ampas untuk anak cucu kita. Mereka tidak akan menuntut karena mereka belia atau bahkan mungkin belum dilahirkan or maybe never cause it.

Dan adalah kewajiban seluruh anak bangsa ini mempertahankan kontineutas dan integritas suatu pulau bukan hanya dari segi keamanan tetapi jauh lebih penting adalah sumber kekayaan alamnya.

N e w s…

Sunday, April 3, 2011

Kerugian Tol Porong-Gempol Akibat Lapindo Dibebankan ke Tarif

Kerugian Tol Porong-Gempol Akibat Lapindo Dibebankan ke Tarif
31/01/2011 14:58 WIB
Kerugian Tol Porong-Gempol Akibat Lapindo Dibebankan ke Tarif
Suhendra – detikFinance


Jakarta – PT Jasa Marga Tbk salah satu pihak yang menderita kerugian lumpur Lapindo akan membebankan kerugian itu ke tarif relokasi baru tol Porong Gempol. Jasa Marga menghitung total kerugian kurang lebih Rp 70 miliar dari awal munculnya lumpur hingga ruas relokasi sudah beroperasi kembali. Hal ini disampaikan oleh Dirut Jasa Marga Frans Sunito di acara rapat dengar pendapat di Komisi VI DPR-RI, Jakarta, Senin (31/1/2011).

Frans menjelaskan, kerugian itu berasal dari kehilangan pendapatan Jasa Marga akibat terkuburnya ruas tol Porong-Gempol sepanjang 5 Km. Selain itu, kerugian berasal dari peralatan ruas tol Jasa Marga yang rusak akibat lumpur.
“Kerugian itu kami perhitungkan dari relokasi, itu akan terbayar kembali dari tarif,” kata Frans. Hal ini kata Frans, karena pihaknya sudah 9 kali melakukan tuntutan ke pihak Lapindo namun belum dapat respons dari Lapindo. Terlebih lagi sejak pihak Lapindo dilepaskan dari tanggung jawab semburan lumpur Lapindo oleh pemerintah. Ia juga menambahkan, relokasi tol Porong-Gempol akan mulai dilakukan konstruksinya pada triwulan II tahun 2011. Konstruksi baru  ruas tol itu akan digeser 4 Km kearah barat, yang pengerjaannya dari dimulai dari utara maupun selatan.
Pihak Komisi VI DPR merasa gerah dengan rencana keputusan ini. Mengingat yang akan dirugikan dari beban tarif kerugian Jasa Marga di Tol Porong-Gempol adalah masayarakat pengguna tol.
“Itu solusi yang termudah dari menyelesaikan masalah kerugian, pada akhirnya rakyat yang dibebankan,” kata Iskandar Saihu anggota DPR-RI dari fraksi PPP.
(hen/ang)


 My Opini
 " Menurut hemat saya, Jika hal ini benar-benar akan dilaksanakan dan disetujui oleh Komisi VI DPR-RI dan pemerintah RI..."sebaiknya bubarkan saja negera ini"...pasalnya sudah sangat jelas : yang dirugikan
adalah masyarakat dan kenapa pula masyarakat yang harus bertanggungjawab dengan pemberian beban kenaikan tarif..si pembuat onarnya kan sudah jelas ketahuan. Jika SBY tak mampu menyelesaiakan masalah ini lebih mundur saja dari jabatan Presiden...saya curiga nih, jangan-jangan konco ma yang punya PT. Lapindo Brantas. "Ga usah usul kalo cuma bisa usil Frans".

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungan dan komentar anda

Share |

Blog di Search dengan Tag

korban lumpur lapindo di 3 desa dijanjikan ganti rugi dan tragedi lumpur lapindo masih jadi Banjir lumpur panas Sidoarjo dan untuk menghentikan semburan lumpur lapindo maka siap Tanggung Lumpur Lapindo, Pemerintah Siapkan Dana Rp 1,3 Triliun, timbul tanya apakah ini lumpur lapindo ataukah lumpur sidoarjo Kronologi Bencana Lumpur Lapindo penyebab lumpur lapindo kebakaran hutan gunung meletus tragedi lumpur lapindo latar belakang lumpur lapindo tsunami dampak lumpur lapindopenanggulangan lumpur lapindo 4Lapindo hadir ditengah masyarakat indonesia melalui media internet untuk menawarkan bantuan pada masyarakat Sidorjo dalam mengatasi Lumpur Lapindo. Respon dan tanggapan atas tawaran ini pun kami harapkan tidak hanya datang dari masyrakat tapi juga dari pemerintah Republik Indonesia yang kita yang cintai ini prakata review gas proses pembentukan gas problemantika gas solusi lumpur lapindo rudal spuyer 11 prinsip ilmuan sukses 11 prediksi 4 indonesia profil contact

submit