Solusi Lumpur Lapindo: RUDAL SPUYER SEBAGAI JAWABAN SOLUSI LUMPUR LAPINDO

Harta Yang Hilang

Melihat dari besar kekauatan tekanan semburan Lumpur Lapindo bisa diketahui bagwa gas yang keluar kepermukaan bersama lumpur begitu besar jumlahnya.

4tahun Lumpur Lapindo berlalu tanpa solusi, 4tahun pula gas dengan jumlah ribuan ton telah hilang begitu saja. Hak anak cucu bangsa telah hilang percuma sementara secara tidak sadar hukum dinegeri ini pun diam. Hukum alam yang mencuat berwujud Lumpur Lapindo tidak mampu menyadarkan bahwa di negeri ini terjadi perampasan hak, bahwa di negeri ini hak kekayaan alam terabaikan.

Lumpur Lapindo adalah sebuah bencana alam yang diakibatkan tangan manusia. Lantas manusia manakah yang harus bertanggung jawab atas hilangya harta ini. Adalah sebuah pertanyaan juga bahwa apakah ini exploitasi gas atau exploitasi lumpur ?!. Dan mungkin banyak lagi pertanyaan yang bisa muncul.

Yang jelas bahwa kita telah kehilangan dan menghilngkan harta serta hanya meninggalkan ampas untuk anak cucu kita. Mereka tidak akan menuntut karena mereka belia atau bahkan mungkin belum dilahirkan or maybe never cause it.

Dan adalah kewajiban seluruh anak bangsa ini mempertahankan kontineutas dan integritas suatu pulau bukan hanya dari segi keamanan tetapi jauh lebih penting adalah sumber kekayaan alamnya.

N e w s…

Wednesday, February 2, 2011

RUDAL SPUYER SEBAGAI JAWABAN SOLUSI LUMPUR LAPINDO

RUDAL SPUYER

Metode ini kami beri nama Rudal Spuyer karena sesuai dengan nama alat yang kami ciptakan. Rudal Spuyer adalah merupakan alat yang diciptakan khusus untuk dapat digunakan menutup lubang sumber semburan Lumpur Lapindo.
Alat ini ditemukan oleh Alimansyah Alianggara 2006.  Beliau seorang pekerja teknis sumur bor yang telah berpengalaman dibidangnya selama belasan tahun.
Konsep kerja yang diterapkan pada alat ini yaitu dengan katup/sayap pengunci yang dimiliki alat ini dapat menutup rapat celah pada sisi dinding bagian dalam lubang pengeboran sehingga tidak ada celah yang
dapat dilalui oleh gas untuk keluar kepermukaan sehingga tekanan gas mati.

A.          Model Rudal Spuyer  
 
Rudal Spuyer ini dirancang dengan katup/sayap pengunci pada sisi luar tiangnya dengan maksud menutup sisi bagian dalam lubang sebagai celah yang memungkinkan gas dapat merambat keluar. Dan bidang bawahnya yang lancip bertujuan untuk mengurangi tekanan lumpur dan gas sehingga memungkinkan untuk dapat diturunkan ke dalam lubang sumber lumpur dengan mudah.    
 Rudal Spuyer ini dirancang khusus oleh Alimansyah Alianggara pada tahun 2006 setelah terjadinya kejadian Lumpur Lapindo dan di saat adanya sayembara untuk mencari pakar yang mampu menyelesaikan masalah Lumpur Lapindo

B.          Fungsi Rudal Spuyer
Lumpur yang keluar dari sumber hidup adalah hasil tekanan gas yang menekan bahan lumpur sehingga menghasillan semburan. Hubungannya dengan Rudal Spuyer adalah dengan menggunakan alat ini maka tekanan gas akan dimatikan dengan katup/sayap pengunci yang dimilikinya sehingga gas yang berkedudukan sebagai tenaga pendorong lumpur akan mati.
 

C.          Cara Kerja Rudal Spuyer
Cara kerja Rudal Spuyer adalah sebagai berikut (Gambar 10)  :
1.     Bentuknya yang menyerupai peluru bertujuan untuk mengurangi tekanan terhadap lumpur dan gas ketika dimasukkan kedalam lubang semburan.
2.      Katup/sayap pengunci berperan menahan tekanan/mematikan tekanan bagian dasar atas dalam ruang gas(langit-langit ruang gas) sehingga gas tidak mendapati jalan untuk keluar.
3.      Bantalan karet katup rudal spuyer berperan untuk menutupi sela pada katup tersebut sehingga menghasilkan penguncian yang begitu rapat.
4.     Diameter tiang dan katup rudal spuyer disesuaikan dengan diameter lubang sumber lumpur sehingga katup/sayap pengunci dapat memainkan fungsi fleksibilitas pegasnya dengan tepat.


  ------- ooo000ooo ------




LANGKAH KERJA RUDAL SPUYER


Dalam Bab. ini akan diungkapkan langkah kerja penutupan lubang sumber semburan Lumpur Lapindo secara gamblang. Hal ini perlu dibuat mengingat pekerjaan yang akan dilakukan memiliki hambatan yang cukup sulit sehingga perlu dibuat suatu langkah kerja.

A.            Persiapan Objek
Adapun persiapan objek yang perlu di lakukan adalah sebagai berikut :
1.      Pembuatan rudal spuyer yang sesuai dengan diameter lubang pengeboran
2.      Pembuatan pesawat yang memungkinkan untuk mencapai titik semburan dan mengurangi radiasi lumpur.
3.      Persiapan peralatan/perangkat kerja pengeboran.

B.             Sterilisasi
Sterilisasi adalah proses pembersihan lubang pengeboran tersebut dan areanya dari persebaran benda yang dapat menghambat keakuaratan kerja. Adapun langkah yang ditempuh adalah                     :
1.     Memotong bendungan dari beberapa tingkatannya, hal ini dimadsukkan agar bisa mencapai titik lubang sumber semburan dengan tepat.
2.     Membuat saluran pembuangan/bendungan yang memungkinkan lumpur dapat mengalir lancar tanpa hambatan. Tujuannya agar disekitar area titik lubang sumber semburan tidak digenangi oleh lumpur.
3.   Pengangkatan bola beton atau penghancuran molekul/bola beton yang memungkinkan menghalangi penginjeksian Rudal Spuyer kedalam lubang sumber semburan.
4.      Pengangkatan sisa pipa yang yang terdapat dikedalaman lubang sumber semburan.

C.         Penutupan Lubang Semburan 

          Langkah kerja yang terakhir adalah penutupan lubang sumber semburan dengan menginjeksi Rudal Spuyer kedalam lubang tersebut. Penutupan lubang semburan tersebut diberikan injeksi rudal spuyer bukan hanya pada dasar lubang ruang gas tetapi pada tiap kedalaman 500 meter diberikan injeksi rudal spuyer, sehingga menjamin pada stiap lapisan kerak bumi tidak memungkin terjadi tekanan bukan hanya dari gas tetapi juga tekanan air sumber.
         
 ------ ooo000ooo ------

EVALUASI RUDAL SPUYER
Evaluasi Rudal Spuyer
 
Setiap pekerjaan memiliki konsekwensi dan konsekwensi yang buruklah yang harus mampu kita lihat dan berusaha untuk memberi jalan keluarnya. Begitupula pada metode Rudal Spuyer yang kami paparkan dalam penutupan lubang sumber lumpur Lapindo. Adapun hambatan atau resiko yang akan dihadapi untuk menerapkan metode Rudal Souyer ini adalah        :
1.     Untuk memasukkan Rudal Spuyer kedalam lubang sumber lumpur, titik lubang pengeboran tersebut harus dicapai. Dan untuk mencapai titik pengeboran butuh biaya dan kerja extra.
2.    Pembuatan Ruadal Spuyer dan pengujian kerja harus dilakukan terlebih dahulu untuk mengetahui dan memastikan Ruadal Spuyer yang dibuat dapat bekerja efektif atau tidak.
3.     Metode ini belum pernah dilaksanakan dan diuji coba sebelumnya sehingga pengalaman dan hambatannya belum dapat diketahui pasti walau sudah dilakukan perhitungan matang.


Kemungkinan hambatan ini kami ungkapkan agar bisa mendapat dukungan penuh terhadap apa yang kami kerjakan ini.

2 comments:

  1. ide bagus, sudahkah dijalankan sampai sejauh ini? bagaimana progresnya?

    ReplyDelete
  2. thank dah mampir d gubuk kami...sebenarnya kalo masalah progres kedepan, kami sendiri sangat menanti tanggapan dari pemerintahan SBY...,

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungan dan komentar anda

Share |

Blog di Search dengan Tag

korban lumpur lapindo di 3 desa dijanjikan ganti rugi dan tragedi lumpur lapindo masih jadi Banjir lumpur panas Sidoarjo dan untuk menghentikan semburan lumpur lapindo maka siap Tanggung Lumpur Lapindo, Pemerintah Siapkan Dana Rp 1,3 Triliun, timbul tanya apakah ini lumpur lapindo ataukah lumpur sidoarjo Kronologi Bencana Lumpur Lapindo penyebab lumpur lapindo kebakaran hutan gunung meletus tragedi lumpur lapindo latar belakang lumpur lapindo tsunami dampak lumpur lapindopenanggulangan lumpur lapindo 4Lapindo hadir ditengah masyarakat indonesia melalui media internet untuk menawarkan bantuan pada masyarakat Sidorjo dalam mengatasi Lumpur Lapindo. Respon dan tanggapan atas tawaran ini pun kami harapkan tidak hanya datang dari masyrakat tapi juga dari pemerintah Republik Indonesia yang kita yang cintai ini prakata review gas proses pembentukan gas problemantika gas solusi lumpur lapindo rudal spuyer 11 prinsip ilmuan sukses 11 prediksi 4 indonesia profil contact

submit