Solusi Lumpur Lapindo: REVIEW GAS

Harta Yang Hilang

Melihat dari besar kekauatan tekanan semburan Lumpur Lapindo bisa diketahui bagwa gas yang keluar kepermukaan bersama lumpur begitu besar jumlahnya.

4tahun Lumpur Lapindo berlalu tanpa solusi, 4tahun pula gas dengan jumlah ribuan ton telah hilang begitu saja. Hak anak cucu bangsa telah hilang percuma sementara secara tidak sadar hukum dinegeri ini pun diam. Hukum alam yang mencuat berwujud Lumpur Lapindo tidak mampu menyadarkan bahwa di negeri ini terjadi perampasan hak, bahwa di negeri ini hak kekayaan alam terabaikan.

Lumpur Lapindo adalah sebuah bencana alam yang diakibatkan tangan manusia. Lantas manusia manakah yang harus bertanggung jawab atas hilangya harta ini. Adalah sebuah pertanyaan juga bahwa apakah ini exploitasi gas atau exploitasi lumpur ?!. Dan mungkin banyak lagi pertanyaan yang bisa muncul.

Yang jelas bahwa kita telah kehilangan dan menghilngkan harta serta hanya meninggalkan ampas untuk anak cucu kita. Mereka tidak akan menuntut karena mereka belia atau bahkan mungkin belum dilahirkan or maybe never cause it.

Dan adalah kewajiban seluruh anak bangsa ini mempertahankan kontineutas dan integritas suatu pulau bukan hanya dari segi keamanan tetapi jauh lebih penting adalah sumber kekayaan alamnya.

N e w s…

Sunday, April 3, 2011

REVIEW GAS

Pada kesempatan ini akan dikupas tentang masalah gas. Adalah penting untuk mereview dan menyamakan persepsi tentang gas agar apa yang akan kami sampaikan nantinya mudah ditangkap dan dicerna serta bisa diterima.
Gas adalah materi pokok yang kami analisa karena materi ini yang kami pandang sebagai sumber masalah utama dan memberi pengaruh yang lebih besar dibandingkan dengan bahan semburan lainnya yang terjadi di Porong, Sidoarjo (semburan Lumpur Lapindo).

Adapun ulasannya adalah secara singkat sebagai berikut ;
A.  Gas

I. Sifat Gas.
Gas memiliki karakteristik sebagai berikut :
- Ikatan molekulnya yang begitu renggang
- Bentuknya tidak tetap ;
- Volume tidak tetap ;
Dari ketiga karakteristik tersebut diatas menyebabkan gas mudah untuk berpindah tempat dari tingkat tekanan tinggi ke tinggkat tekanan rendah.

II. Tekanan Gas
a. Tekanan Gas Pada Ruang Tertutup
Ketika gas berada pada ruang tertutup, tekanan gas menjadi tinggi. Hal ini disebabkan gas tidak dapat bergerak bebas diakibatkan pergerakan gas dibatasi oleh bidang ruang gas tersebut berada dimana gas mengalami gesekan atau tumbukan antar partikel gas dan partikel gas dengan bidang ruangnya yang begitu rapat ( Gambar 1)
b. Tekanan Gas Ruang Terbuka
Berbeda halnya pada ruang terbuka, tekanan gas sama dengan nol ( 0 ). Hal ini disebabkan gas tidak mengalami desakan yang begitu rapat antar molekul gas dan molekul gas dengan bidang ruangnya yang nol ( 0 ) pula.

III. Pengaruh Tekanan Gas Terhadap Kapiler
Gas sebagaimana kita ketahui memiliki kemampuan untuk bergerak kesegala arah untuk menempati ruang-ruang yang bertekanan rendah. Jika gas pada ruang tertutup kemudian diberi kapiler pada bidangnya maka arah gerak tekanan gas akan terpusat pada kapiler tersebut dan tekanan terhadap kapiler akan jauh lebih besar terhdap bidang lainnya ( Gambar 2 ).

Tingkat Tekanan Gas Terhadap Kapiler
Tingkat tekanan gas terhadap kapiler pada ruang tertutup memiliki daya tekanan yang besar. Ini di sebabkan :
1. Gas selalu bergerak ke tempat yang rendah dimana kapiler memiliki tekanan yang rendah
2. Luas permukaan kapiler yang kecil tidak berbanding dengan volume ruang gas
3. Massa dan vulome bidang ruang gas yang begitu besar.
Dari ketiga faktor tersebut diataslah yang memicu besarnya tekanan gas terhadap kapiler. Tekanan gas terhadap diameter kapiler yang berbeda menghasilkan tekanan yang berbeda pula ( Gambar 3 )

OK….mudah-mudahan ulasan yang sederhana ini dapat menyamakan persepsi kita terhadap gas dan cara kerjanya. Hal ini penting karena pemahaman ini akan berhubungan dengan ulasan selanjutnya. Read More >>> or Next >>>

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungan dan komentar anda

Share |

Blog di Search dengan Tag

korban lumpur lapindo di 3 desa dijanjikan ganti rugi dan tragedi lumpur lapindo masih jadi Banjir lumpur panas Sidoarjo dan untuk menghentikan semburan lumpur lapindo maka siap Tanggung Lumpur Lapindo, Pemerintah Siapkan Dana Rp 1,3 Triliun, timbul tanya apakah ini lumpur lapindo ataukah lumpur sidoarjo Kronologi Bencana Lumpur Lapindo penyebab lumpur lapindo kebakaran hutan gunung meletus tragedi lumpur lapindo latar belakang lumpur lapindo tsunami dampak lumpur lapindopenanggulangan lumpur lapindo 4Lapindo hadir ditengah masyarakat indonesia melalui media internet untuk menawarkan bantuan pada masyarakat Sidorjo dalam mengatasi Lumpur Lapindo. Respon dan tanggapan atas tawaran ini pun kami harapkan tidak hanya datang dari masyrakat tapi juga dari pemerintah Republik Indonesia yang kita yang cintai ini prakata review gas proses pembentukan gas problemantika gas solusi lumpur lapindo rudal spuyer 11 prinsip ilmuan sukses 11 prediksi 4 indonesia profil contact

submit