Solusi Lumpur Lapindo: PROBLEMANTIKA GAS

Harta Yang Hilang

Melihat dari besar kekauatan tekanan semburan Lumpur Lapindo bisa diketahui bagwa gas yang keluar kepermukaan bersama lumpur begitu besar jumlahnya.

4tahun Lumpur Lapindo berlalu tanpa solusi, 4tahun pula gas dengan jumlah ribuan ton telah hilang begitu saja. Hak anak cucu bangsa telah hilang percuma sementara secara tidak sadar hukum dinegeri ini pun diam. Hukum alam yang mencuat berwujud Lumpur Lapindo tidak mampu menyadarkan bahwa di negeri ini terjadi perampasan hak, bahwa di negeri ini hak kekayaan alam terabaikan.

Lumpur Lapindo adalah sebuah bencana alam yang diakibatkan tangan manusia. Lantas manusia manakah yang harus bertanggung jawab atas hilangya harta ini. Adalah sebuah pertanyaan juga bahwa apakah ini exploitasi gas atau exploitasi lumpur ?!. Dan mungkin banyak lagi pertanyaan yang bisa muncul.

Yang jelas bahwa kita telah kehilangan dan menghilngkan harta serta hanya meninggalkan ampas untuk anak cucu kita. Mereka tidak akan menuntut karena mereka belia atau bahkan mungkin belum dilahirkan or maybe never cause it.

Dan adalah kewajiban seluruh anak bangsa ini mempertahankan kontineutas dan integritas suatu pulau bukan hanya dari segi keamanan tetapi jauh lebih penting adalah sumber kekayaan alamnya.

N e w s…

Wednesday, February 2, 2011

PROBLEMANTIKA GAS

A. Kebutuhan Gas VS Resiko Exploitasi Gas
Sebagai sumber energy sekunder, gas memang merupakan sumber energy alternative yang mudah didapatkan dan penegelolaannnya pun sangat gampang bahkan memiliki biaya yang paling murah. Minat terhadap pengelolaan gas ini cukup banyak di Indonesia, terbukti dengan banyaknya sumber pengelolaan gas mulai dari Pulau Sumatra sampai dengan Papua dan yang terbanyak adalah Pulau Jawa.


Exploitasi terhadap sumber-sumber gas alam ini memang terbilang sangat murah namun resiko akan dampak kerusakannya begitu sangat besar yang tidak sebanding dengan keuntungan yang diperoleh. Hal ini bisa terjadi bila exploitasi terhadap gasi ini dilakukan secara serampangan, sebagai contohnya adalah kejadian Lumpur Lapindo sebagai dampak akan kegiatan pengeboran terhadap sumber gas yang berada di Porong, Sidoarjo.

Secara garis besar pengeboran akan sumber gas memang tidak selamanya berakibat fatal seperti yang terjadi di Porong, Sidoarjo dan justru oleh karenanya itu timbul berbabagai pertanyaan menganai semburan Lumpur Lapindo ini, mengapa hal seperti ini bisa terjadi ?, sudah benarkah protap kerja mereka ? dan kenapa pemerintah tidak dapat mengambil tindakan yang tegas terhadap seluruh dampak yang terjadi dan mengapa pihak PT. Lapindo tidak tidak bertanggung jawab ? dan berbagai pertanyaan lainnya. 

Exploitasi akan kekayaan alam khususnya Gas adalah merupakan kebutuhan, karena dengan kekayaan itulah negara bisa hidup dan mensejahterakan rakyatnya. Gas tidak lagi menjadi sekedar sumber energi, bahkan lebih jauh gas merupakan sumber kehidupan negara baik dari segi energi dan ekonomi rakyat. Namun bukan berarti baik orang perorang atau bahkan perusahaan bisa seenaknya melakukan exploitasi. Mereka harus memperhitungkan kondisi geologis indonesia yang nota bene adalah tuan gunung berapi. Artinya baik interupsi, mud yang terjadi diperut bumi dan bahkan letusan gunung yang terjadi diluar perut bumi akibat vulkano akan memiliki intensitas kejadian tinggi. Dan hal inilah yang harus dihadapi oleh para pengebor profesional.

Satu hal yang hanya kami bisa paparkan bahwa bila manusia melakukan pengeboran untuk exploitasi kekayaan alam berarti manusia itu sendiri yang juga mampu mengatasi lubang akibat pengeborannya karena setiap tindakan kerja telah diperhitungkan dan memiliki prosedur dimana setiap pekerjaan memiliki prosedur kerja apalagi menyangkut exploitasi kekayaan alam dan human error bahkan sistem error pun bisa dianggap nol (0).

B. Biomekanik Semburan Lumpur Lapindo



Kejadian semburan Lumpur Lapindo adalah suatu  kekuatan alam yang timbul akibat adanya lubang galian pada dasar kerak bumi. Kekuatan sembuaran Lumpur Lapindo yang bekerja adalah suatu sistem kekuatan tekanan yang terbentuk secara sempurna sehingga menghasilkan tekanan yang yang berkuatan besar.
Dari bahan semburan sampai dengan ketinggian semburan menandakan bahwa bahan dan pergerakannya ini bekerja sangat sinergis sehingga mampu menekan bahan yang dilaluinya, baik berupa batu kerikil, air dan tanah akan terhempas keluar kepermukaan bumi.

Untuk mengetahui sumber masalah yang menyebabkan terjadinya tekanan semburan yang begitu besar maka perlu analisa lebih jauh biomekanik kerja pengeboran sampai akhirnya terjadi semburan lumpur.
Tujuan pengakajian dari biomekanik semburan Lumpur Lapindo adalah untuk memudahkan bagi kita memahami dan mencari inti permasalahannya dan kemudian selanjutnya dengan mudah kita mencari solusinya. Read More >>&;gt; 

Adapun ulasan singkat tentang gambaran pola semburan Lapindo dapat digambarkan sebagai berikut
 
  1. Gas yang ada dibawah lapisan kerak/batuan keras/padat menempati ruangnya dibawah lapisan tersebut dengan volume ruang dan volume gas yang besar. Gas dalam ruangnya tersebut saling berdesakan atau mengalami tumbukan antar partikel gas dan   partikel gas dengan dinding ruangnya. Hal ini menyebabkan gas memiliki tekanan. 
  2. Ketika eksploitasi gas dilakukan dengan pengeboran maka aliran tekanan/desakan gas pun terfokus pada lubang kapiler pengeboran tersebut. Fokus tekanan terhadap lubang/kapiler tersebut terjadi karena sifat gas adalah bentuknya selalu menyesuaikan dengan bentuk ruangnya dan karena tekanan kapiler tersebut begitu kecil berbanding dengan tekanan volume ruang bidang asal dan volume gas yang begitu besar. Dampaknya bahwa tekanan gas terhadap kapiler menjadi tinggi. 
  3. Ketika jalur pipa/casing pengeboran bergeser kedudukan dari dasar atas lapisan kerak/batuan keras/padat maka otomatis gas keluar kepermukan secara tidak terkontrol. Gas tersebut keluar dengan memberi tekanan pada daerah atau bahan  yang dilaluinya sehingga menimbulkan semburan seperti halnya Semburan Lumpur Lapindo
  4. Semburan Lumpur Lapindo (terdiri dari ari, kerikil dan tanah) adalah tanda bahwa pada saat gas melewati lubang/kapiler pengeboran pipa pengeboran telah bergeser dari kedudukannya atau malah tidak pasang sehingga gas keluar tanpa melalui pipa /casing sebagai control dalam pengeluaran gas nantinya sehingga gas tersebut memberi tekanan terhadap air, kerikil dan tanah pada sisi dinding bagian dalam lubang/kapiler pengeboran sehingga kesemuanya menjadi satu bagian dan membawanya serta keluar kepermukaan dengan tendangan semburan yang tinggi. 
  5. Tekanan gas yang bekerja untuk membuat produk lumpur dipengaruhi oleh luasnya volume ruang gas, volume gas itu sendiri dan suhu gas. Kesemuanya bekerja memberi tekanan terhadap bidang/bahan yang dilaluinya. 
  6. Timbulnya beberapa titik semburan juga menunjukkan bahwa gas bersama bahan larutannya mampu menciptakan lubang/jalan keluar lainya lagi kepermukaan dengan memberi tekanan pada bagian lapisan kerak permukaan bumi yang lunak.
Kesimpulan
Dari uraian diatas dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa sumber masalah utama yang menyebabkan terjadinya semburan Lumpur Lapindo adalah adanya tekanan gas akibat bocornya saluran pipa/casing sehingga gas yang menekan bahan lainnya ( seperti air, kerikil dan tanah ) menghasilkan lumpur 
Dan dari analisa biomekanik semburan Lumpur Lapindo dapat diketahui pemecahan masalahnya yaitu hanya dengan menutup rapat lubang dasar kerak dimana gas berada maka semburan Lumpur Lapindo akan terhenti. Read More tentang Solusi Lumpur Lapindo >>>



No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungan dan komentar anda

Share |

Blog di Search dengan Tag

korban lumpur lapindo di 3 desa dijanjikan ganti rugi dan tragedi lumpur lapindo masih jadi Banjir lumpur panas Sidoarjo dan untuk menghentikan semburan lumpur lapindo maka siap Tanggung Lumpur Lapindo, Pemerintah Siapkan Dana Rp 1,3 Triliun, timbul tanya apakah ini lumpur lapindo ataukah lumpur sidoarjo Kronologi Bencana Lumpur Lapindo penyebab lumpur lapindo kebakaran hutan gunung meletus tragedi lumpur lapindo latar belakang lumpur lapindo tsunami dampak lumpur lapindopenanggulangan lumpur lapindo 4Lapindo hadir ditengah masyarakat indonesia melalui media internet untuk menawarkan bantuan pada masyarakat Sidorjo dalam mengatasi Lumpur Lapindo. Respon dan tanggapan atas tawaran ini pun kami harapkan tidak hanya datang dari masyrakat tapi juga dari pemerintah Republik Indonesia yang kita yang cintai ini prakata review gas proses pembentukan gas problemantika gas solusi lumpur lapindo rudal spuyer 11 prinsip ilmuan sukses 11 prediksi 4 indonesia profil contact

submit